Memahami Urutan Warna Kabel Jaringan

Kabel jaringan atau kabel UTP seperti yang kita tahu memiliki 8 (delapan) warna kabel yang berbeda. Bagi orang awam maupun orang yang pertama kali mengenal dunia networking mungkin akan kebingungan tentang bagaimana urutan dalam penggunaan warna kabel tersebut. Secara konsep sebenanrnya sama saja, asala kombinasi warna / urutan warna di setiap ujungnya sama (untuk straight) maka tidak jadi masalah. Kecuali untuk Cross, dimana ada kabel yang harus di balik/ ditukar posisinya yakni kabel 1 & 3, dan kabel 2 & 6.

Dalam urutan warna ini, ada standard yang wajib kita tahu yang berguna untuk memudahkan dan menyeragamkan sususan warna yang kita pakai. Dan tentunya karena sudah menjadi standard, seluruh orang di dunia juga rata-rata menggunakan kombinasi warna yang sama.

568_standard_1

Seperti dalam gambar di atas, terlihat standard T-568A dan T-568B. Mana yang harus dipakai ? Terserah, silahkan pakai salah satu dari kedua urutan di atas. Untuk membuat kabel Straight misalnya, buat di kedua ujungnya menggunakan T-568A, atau T-568B. Sedangkan untuk membuat kabel Cross, buat dengan T-568A di satu ujungnya, dan T-568B di ujung lainnya. Lebih mudah bukan untuk dipahami ?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.