Mulai Hari Ini Layanan Google Code Dihentikan

Begitulah email dari Google yang saya terima pagi tadi. Di email tersebut disebutkan bahwa layanan Google Code (code.google.com) yang diluncurkan pada tahun 2006 lalu adalah untuk menyediakan hosting proyek opensource yang dapat diandalkan. Dimana sejak saat itu, jutaan orang telah menggunakannya.

Namun demikian, Google mengakui bahwa dalam sembilan tahun terakhir, banyak sekali bermunculan server hosting sejenis seperti GitHub dan Bitbucket. Saya sendiri menggunakan Google Code pas di awal-awal bikin project. Namun ketika beberapa proyek mengharuskan saya untuk tidak mempublikasikannya secara luas, maka saya beralih ke beberapa penyedia hosting yang lainnya seperti Unfuddle, Assembla , CloudForge dan SourceForge. Dan setahun belakangan ini saya fokus menggunakan TFS yang disediakan oleh Microsoft (VisualStudio.com).

Google mengatakan akan menutup layanan Google Code ini dalam beberapa bulan mendatang. Mulai hari ini, situs tersebut tidak akan menerima proyek baru, tapi tetap berfungsi hingga Agustus 2015. Setelah itu, data proyek akan di-set ke Read Only. Awal tahun depan, baru benar-benar akan ditutup, namun data proyek dapat didownload dalam format arsip.

Di email tersebut juga disertakan informasi serta petunjuk untuk migrasi proyek-proyek yang saya hosting di Google Code. Dan Google juga menyediakan dokumentasi bagaimana cara untuk migrasi ke layanan hosting lain seperti Github, Bitbucket dan SourceForge.

Thanks, Google Code …

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.