Oprek UPS ICA ST623B

Hampir 3 tahun mungkin, atau malah lebih dari sejak pertama saya beli, kalau tidak salah akhir 2010, UPS merk ICA dengan seri ST623B ini mengabdikan dirinya untuk mengcover kebutuhan daya 1 unit home server, 1 unit workstation dan beberapa unit lainnya seperti router, switch, FWT dll.

Penampakan UPS waktu fitting di rak

Sekitar 2-3 bulan terakhir sepertinya sudah menandakan gejala soak. Mulai dari durasi batere yang semakin pendek, kemudian drop dengan sendirinya, hingga tepatnya benar-benar tidak bisa digunakan beberapa hari yang lalu. Ketika dinyalakan hanya ada lampu redup warna orange yang menyala. Akhirnya dibongkar, karena prediksi awalnya memang dari aki yang sudah berumur dan memang sudah waktunya untuk ganti. Semoga sirkuit lainnya tidak ikut mati, coz kalo beli lagi yang baru harganya lumayan juga hehehe.

Untuk operasional sementara langsung pake listrik dari PLN. Kalau mati lampu mendadak ya apes hehe.. untuk sementara server di off kan dan data di move ke laptop. Untuk workstation nyala seperti biasa, cuman kalau sudah selesai dimatiin untuk mencegah kejadian mati mendadak.

Dibongkar dan di cross check sepertinya sirkuit aman tidak ada yang mencurigakan. Cuman memang seperti prediksi awal, aki nya bermasalah.

Aki nya bengkak, untuk ga meledak. hehehe

Penuh kerak di ujung konektornya. Serem juga cuy …

Ternyata lebih parah dari yang dibayangkan.

Spesifikasi Aki 12v/7.5Ah. Rencana ganti pake merk Panasonic, katanya bagus.

Bahkan sampai konektor kabelnya ikut menghitam. Tinggal nanti bikin yang baru. Kebetulan punya kabel yang besarnya sama. Sementara UPS belum diapa-apain, ditutup kembali dan disimpen dulu, sambil berburu aki baru. UPS ini menggunakan 2 buah Aki dengan spesifikasi sama.

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] posting kapan hari tentang UPS ICA ST623B yang setelah dibedah ternyata soak akinya disini, akhirnya saya beli aki baru merk panasonic di toko elektronik BASTOL Kartasura. Per unit nya […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.