Spull Terbakar, NSZ R225 Masuk PIT

Setelah beberapa hari dipusingkan dengan aki yang selalu ngedrop, dan akhirnya setelah dikuras sudah kembali normal meski tidak 100%, maka siang ini tadi Si Pio dihajar lagi dengan terbakarnya spull. Ciri-ciri yang dialami:

  1. Headlamp Off
  2. Lampu Speedo Off
  3. Arus Pengisian cuman ga sampai 5v
  4. Cek pake avometer jalur dari spull ke kiprok, yakni kabel kuning dan putih, ketika di RPM 1000, arus cuman 5v, dimana harusnya hampir 15v. Dan di RPM 5000-6000 cuman 11v, dimana harusnya sekitar 45v.

Akhirnya, karena ga tahu dimana mesti perbaiki spull, akhirnya terlepon mekanik kenalan di Beres dan dikasih tahu klo ada kenalan tukang perbaikin spull. Alhamdulillah, sampai di beres kebetulan sepi dan langsung dikerjakan setelah saya cerita kronologi dan beberapa prosedur cek yang telah saya lakukan.

bongkar_spull

Vonis pun sesuai perkiraan semula, yakni spull terbakar di 3 (tiga) kumparan. Walhasil, mesti digulung ulang. Dan salah satu mekanik pun meluncur ke tukang spull. Setelah hampir 2 jam, spull selesai dan mulai dipasang. Jrennng… lampu pun menyala kembali. Mungkin kejadian ini gara-gara aki yang tekor kemarin, tanya ke mekanik pun juga ga bilang penyebab pastinya.

Sampai di rumah, say a memasang kembali Alarm, Voltmeter & Cree Owl. Tentunya dengan hati-hati sambil mengecek apakah ada yang short. Semoga ke depan tidak bermasalah lagi.

Total Biaya:

  • Gulung ulang spull : Rp85.000,-
  • Gasket : Rp6.000,-
  • Jasa Mekanik : Rp20.000,-
  • Total Rp111.000,-

Oli tidak diganti, karena memang tidak di tap, hanya berkurang sedikit pas blok sebelah kiri dilepas. Sampai di rumah, saya tambahin lagi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.