Tips Sederhana Agar Performa Libre Office Makin Ngacir

Buat Anda pengguna LibreOffice seperti saya, mungkin kerap sekali mengeluhkan betapa lambatnya aplikasi LibreOffice ini ketika dibuka. Memang satu hal yang menyebalkan ketika kita buru-buru mau mengerjakan tugas, tapi jendela aplikasi tak kunjung juga muncul. Padahal mungkin spesifikasi komputer sudah cukup mumpuni. Keluhan semacam ini yang kerap kali datang dari beberapa teman yang pada awalnya sudah mantap hati untuk beralih ke LibreOffice dari aplikasi office berbayar, namun pada akhirnya terpaksa mundur sejenak karena masalah ini. Nah, berikut ini ada sebuah tips sederhana, yang meski tidak meningkatkan performa secara penuh, namun paling tidak membuat aplikasi pengolah kata opensource ini bekerja sedikit lebih ngegasss.

Untuk membuka menu di atas, silahkan klik Tools>Options dan pilih Advanced. Kemudian hilangkan tanda cek list pada bagian Use a Java runtime environment. Kemudian klik Ok dan restart aplikasi LibreOffice Anda dan rasakan perbedaannya.

Khusus untuk pengguna LibreOffice versi 5 ke bawah, berikan nilai pada setting yang dapat Anda temukan pada bagian Memory sebagai berikut:

  • Use for LibreOffice: 128 (atau angka lebih besar)
  • Memory per object: 30
  • Number of objects: 30
  • Enable systray Quickstarter: hilangkan cek list

Namun pada versi 6 ke atas, setting memory tersebut sudah dihilangkan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Silahkan berkomentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.